7 SKILL KEPEMIMPINAN

7  KETERAMPILAN HIDUP SEBAGAI PEMIMPIN

1. MENGENAL DIRI (UNDERSTANDING SELF)
Mengenal diri adalah memahami dan mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan diri kita,baik dari segi fisik maupun dari segi psikologis.
2. KOMUNIKASI (COMMUNICATING)

Komunikasi adalah pertukaran informasi dengan orang lain secara lebih efektif.Ruang lingkup komunikasi diantaranya:                                                                                                           
1.) Komunikasi dari Allah kepada manusia,melalui: -Wahyu-Hidayah-Alam semesta 

2.)      Komunikasi dari manusia kepada Allah: -Sholat-Do’a-Dzikir

3.)      Komunikasi antar manusia: -Komunikasi yang baik-Pembicara yang baik-Penulis yang baik

 3. MENYATU DENGAN YANG LAIN (GETTING ALONG WITH OTHERS)
M
enyatu dengan yang lain adalah cara berinteraksi dengan orang lain secara positif,termasuk menerima dan menghargai perbedaan antar dirimu dan orang lain. Oleh karena itu menyatu dengan yang lain dapat memberikan kita banyak wawasan baru untuk berfikir lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya.

4. BELAJAR UNTUK BELAJAR (LEARNING TO LEARN)
Belajar untuk belajar adalah upaya mengembangkan perilaku positif dalam mempelajari sesuatu dan menarik pelajaran dari berbagai informasi dan pengetahuan lainnya secara benar.Jadi belajar bukan hanya disekolah ataupun dirumah tetapi pelajaran juga bisa kita ambil dari mana saja.
Hal-hal yang harus kita lakukan dalam belajar diantaranya :
a. Menentukan tujuan belajar
b. Menentukan informasi yang dibutuhkan
c. Menentukan sumber informasi
d. Menggali dan menyerap informasi
e. Mengelola informasi

5. MEMBUAT KEPUTUSAN (MAKING DECISION)      
Adalah upaya mempelajari langkah-langkah dan pendekatan yang dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan,memecahkan masalah,mengambil keputusan serta tindakan baik secara individu maupun kelompok.

A. Gaya membuat keputusan diantaranya:

1.      Implusive (menurutkan kata hati)

2.      Wishfull (penuh keinginan)

3.      Intuitive (intuisi)

4.      Risk-free (bebas resiko)

5.      Avoidance (menghindar)

6.      Agonizing (tertekan/menderita)

7.      Planned (terencana)

6. MENGELOLA (MANAGING)
mengatur adalah pengunaan segala sesuatu yang dimiliki atau yang dapat dimanfaatkan untuk meraih suatu tujuan.
Agar dapat mengatur dengan baik, seorang pemimpin harus menjalankan fungsi:
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Pengawasan                         d.Penggerakan
7.
BEKERJASAMA DALAM KELOMPOK (WORKING WITH GROUPS)
Bekerjasama dalam kelompok artinya ikut bergabung dan bekerja sama secara aktif atau memimpin kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s